MediaProfesi.id
  • Fokus Utama
  • Nasional
  • Ekonomi
  • Profil
  • Teknologi
  • Sosialita
  • Gaya Hidup
  • Video
Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
  • Fokus Utama
  • Nasional
  • Ekonomi
  • Profil
  • Teknologi
  • Sosialita
  • Gaya Hidup
  • Video
Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
MediaProfesi.id
No Result
View All Result
Home Teknologi

Dable Terbitkan ‘Digital Media Landscape 2021’, Termasuk TOP 30 Media di Indonesia

Syamhudi by Syamhudi
Rabu, 24 Maret 2021
in Teknologi
Dable Terbitkan ‘Digital Media Landscape 2021’, Termasuk TOP 30 Media di Indonesia

Jakarta, Media-profesi.com – Dable, platform content discovery terkemuka di Asia, menerbitkan ‘Digital Media Landscape 2021’ yang menyajikan lanskap media online dan perilaku mengonsumsi konten.

Lanskap media adalah publikasi kedua Dable yang disertai dengan infografis kelompok-kelompok media yang ada di Indonesia, berbagai kategori, dan daftar ‘Top 30 Media’ berdasarkan data dari Comscore, Alexa, dan Red Volcano (perusahaan analisis data global). Selain itu, perusahaan juga merilis perilaku konsumsi media dengan menganalisa data dari 200 partner media di Indonesia.

Dable, yang berpusat di Korea Selatan, adalah startup teknologi yang merekomendasikan konten-konten yang dipersonalisasi, seperti “Content you may like’, diproses melalui teknologi big data yang real time dan personalisasi.

Di antara Top 30 Media di Indonesia, Okezone.com berada di ranking pertama, diikuti oleh Tribunnews and Kompas.com, yang berada di ranking kedua dan ketiga. Detik.com dan Grid.id juga berada di dalam daftar ‘Top 30 Media’ itu.

Sebanyak 10 kelompok media terbesar di Indonesia juga termasuk di dalamnya, yaitu Kompas Gramedia, KapanLagi Youniverse, Detik Network, MNC Media Group, GVM Network, IDN Network, Pikiran Rakyat Media Network, Tempo Media Group, VIVA, and Arkadia Digital Media.

Di bawah tiap kelompok media juga tercantum media lain yang berada di bawah satu payung. Outlet media juga dikategorisasikan menjadi General news, Sports, Entertainment, Business/Finance, Gaming/Tech/Digital, Parenting, Health, Community, Food/Travel, Fashion/Lifestyle dan Otomotif, yang secara intuitif sangat memahami industri media di Indonesia.

Dable merilis data perilaku konsumsi konten berdasarkan pada gender, usia, dan perangkat yang dimiliki pengguna 50,4 persen laki-laki dan 49,6 persen perempuan. Distribusi berdasarkan usia menunjukkan bahwa pengguna berusia 25 sampai 34 tahun berada di urutan teratas dalam hal tingkat konsumsi konten yaitu 35 persen, disusul oleh pengguna berusia 18 sampai 24 tahun dengan tingkat konsumsi konten 28,6%.

Menariknya, secara khusus perempuan berusia 18 sampai 24 tahun dan 25 tahun sampai 34 tahun berada di ranking pertama dan kedua dalam hal konsumsi konten.

Terkait perangkat yang digunakan, sebanyak 71,81% mengonsumsi konten secara mobile dan 26,64% melalui PC. Peramban (Browser) yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome, baik di PC 75,75% dan mobile 95,70%. Juga, sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan adalah Windows 92,51% untuk PC dan Android 96,09% untuk mobile, keduanya berada di ranking pertama.

“Terjadinya pandemi secara luar biasa telah mengubah perilaku pengguna dalam mengonsumsi konten. Konsumsi konten secara online telah meningkat secara signifikan dan kebanyakan konten yang dikonsumsi oleh pengguna juga berubah. Dan ini semua menyajikan peluang baru bagi industri media,” kata Hoyoung Lee, General Manager di Dable.

Hoyoung Lee berharap, lanskap ini akan menolong para marketer digital untuk memahami transformasi di lanskap media serta perilaku mengonsumsi konten, serta merencanakan berbagai strategi untuk lingkungan new media. Dable akan terus menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat di masa depan.

Dable saat ini bermitra dengan lebih dari 2,500 media di Asia termasuk Indonesia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Vietnam, dan Malaysia. Perusahaan ini merekomendasikan 5 miliar konten bagi 500 juta pengguna yang menghasilkan 100 juta klik setiap bulan melalui platform Dable. * (Syam)

Post Views10 Views
Tags: DableKontenMedia
Share128Tweet80Send

Related Posts

Pakai Galaxy A26 5G Bikin Kegiatan Ngonten Jadi Awesome
Teknologi

Pakai Galaxy A26 5G Bikin Kegiatan Ngonten Jadi Awesome

by Syamhudi
Selasa, 22 April 2025
Capture Buka Puasa-mu dengan Nightography di Galaxy A35 5G
Teknologi

Capture Buka Puasa-mu dengan Nightography di Galaxy A35 5G

by Syamhudi
Sabtu, 16 Maret 2024

RECOMMENDED

Papua Barat Journey 2025: Menyelami Sejarah dan Menjaga Alam Menuju Pariwisata Berkelanjutan

Papua Barat Journey 2025: Menyelami Sejarah dan Menjaga Alam Menuju Pariwisata Berkelanjutan

26 September 2025
Indonesia Memiliki Peluang Besar Menjadi Pusat Industri Halal Dunia

Indonesia Memiliki Peluang Besar Menjadi Pusat Industri Halal Dunia

26 September 2025

MOST VIEWED

  • Biaya Haji Musim 2023 Diusulkan Naik Menjadi Rp69 Juta per Jemaah Haji, Ini Alasan Menag

    Biaya Haji Musim 2023 Diusulkan Naik Menjadi Rp69 Juta per Jemaah Haji, Ini Alasan Menag

    562 shares
    Share 225 Tweet 141
  • Dokter Phedy Memiliki Keahlian Menangani Berbagai Masalah Tulang Belakang

    361 shares
    Share 144 Tweet 90
  • Mengawali Tahun 2023, Sharp Luncurkan LED TV Aquos IIOTO Series Terbaru

    355 shares
    Share 142 Tweet 89
  • Kementerian Agama Buka Seleksi Petugas Haji 2023, Syarat Utama Wajib Penguasaan IT

    322 shares
    Share 129 Tweet 81
  • Dable Terbitkan ‘Digital Media Landscape 2021’, Termasuk TOP 30 Media di Indonesia

    321 shares
    Share 128 Tweet 80
MediaProfesi.id

MediaProfesi menyediakan berita aktual

CATEGORY

  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Nasional
  • Profil
  • Sosialita
  • Teknologi

Copyright © 2025 MediaProfesi.id - Design & Developed by XUANTUM

No Result
View All Result
  • Fokus Utama
  • Nasional
  • Ekonomi
  • Profil
  • Teknologi
  • Gaya Hidup
  • Sosialita

Copyright © 2025 MediaProfesi.id - Design & Developed by XUANTUM