MediaProfesi.id
  • Fokus Utama
  • Nasional
  • Ekonomi
  • Profil
  • Teknologi
  • Sosialita
  • Gaya Hidup
  • Video
Kamis, 13 November 2025
No Result
View All Result
  • Fokus Utama
  • Nasional
  • Ekonomi
  • Profil
  • Teknologi
  • Sosialita
  • Gaya Hidup
  • Video
Kamis, 13 November 2025
No Result
View All Result
MediaProfesi.id
No Result
View All Result
Home Teknologi

Zebra Global Shopper Study: 6 dari 10 Perusahaan Retail Mempercepat Rencana Pembelian Teknologi pada Masa Pandemi

Wahyu by Wahyu
Senin, 7 Juni 2021
in Teknologi
Zebra Global Shopper Study: 6 dari 10 Perusahaan Retail Mempercepat Rencana Pembelian Teknologi pada Masa Pandemi

Jakarta, Media-profesi.com – Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), mengumumkan hasil dari Global Shopper Study tahunan yang ke-13. Ini adalah satu-satunya market tracker di industri yang menganalisis perilaku pembeli, pramuniaga, dan eksekutif retail serta mengamati tren retail dan teknologi yang memengaruhi perilaku pembeli dalam melakukan pembelian baik in-store maupun online.

Studi tahunan Zebra menemukan bahwa pembeli mengharapkan pengalaman yang seamless baik ketika berbelanja di toko maupun saat belanja online. Pembeli juga semakin banyak melakukan pemesanan secara online karena ketersediaan produk yang diinginkan, sehingga mengakibatkan lonjakan pesanan e-commerce.

Namun lebih dari seperlima pembeli rupanya melakukan pengembalian barang yang mereka beli secara online, sehingga sebanyak 57% pramuniaga mengalami tantangan yang signifikan karena pengembalian barang ini.

Barang yang kehabisan stok juga menjadi tantangan tersendiri dan sebanyak 41% pembeli mengatakah hal itu adalah alasan utama mereka meninggalkan toko tanpa membeli apa-apa. Alasan lain adalah antrean checkout yang panjang (32%) dan tidak menemukan barang yang diinginkan (31%), keduanya menunjukkan peningkatan sejak tahun lalu.

Pertumbuhan dalam pemesanan secara mobile

Para eksekutif di industri retail dan pramuniaga telah melihat adanya lonjakan yang dramatis dalam kebutuhan akan kenyamanan dan efisiensi setelah pandemi meningkatkan penggunaan dan ketertarikan pembeli terhadap pemesanan secara mobile dan solusi smart-checkout.

Pemesanan secara mobile – dari smartphone dan tablet – telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan berperan penting dalam upaya menjaga jarak (social distancing) dan mengikuti panduan protokol kesehatan setempat.

Sebanyak 72% pembeli telah melakukan pemesanan secara mobile dan 82% dari mereka kemungkinan besar akan terus menggunakan cara itu. Kaum Millenial (88%) dan Gen X (79%) adalah pengguna utama pemesanan mobile, tetapi hampir setengah dari kaum Boomers (47%) juga menggunakannya, dan 74% dari mereka kemungkinan akan terus menggunakannya di masa mendatang.

Sebanyak 64% pembeli percaya bahwa sebaiknya lebih banyak retail menawarkan pemesanan mobile, sementara sebagian besar eksekutif retail (90%) dan pramuniaga (83%) setuju bahwa pemesanan mobile akan memenuhi harapan konsumen.

Smart-checkout menghadirkan pengalaman yang lebih baik

Hampir separuh (47%) pembeli yang disurvei telah berinteraksi dengan fitur self-checkout dan lebih dari enam dari sepuluh (63%) pembeli setuju bahwa solusi self-checkout akan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pada tahun lalu, sebanyak 73% Millennial, 66% Gen X, dan 50% Boomer juga telah menyadari peningkatan pengalaman pelanggan melalui solusi self-checkout.

Sementara itu sebanyak 86% eksekutif retail dan 71% pramuniaga setuju bahwa self-checkout meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. Hampir sembilan dari sepuluh eksekutif retail dan lebih dari tujuh dari sepuluh pramuniaga yakin bahwa dengan self-checkout karyawan dapat bekerja sesuai dengan skala prioritas dan melayani pelanggan dengan lebih baik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Keselamatan kini menjadi bagian dari pengalaman di toko

Kepercayaan konsumen dan pramuniaga saat berbelanja di toko dapat ditingkatkan melalui penerapan tindakan pencegahan atau protokol kesehatan secara ketat. Saat ini, terdapat kesenjangan yang cukup besar antara keyakinan para eksekutif retail, pembeli, dan pramuniaga terkait kesehatan dan keselamatan berbelanja di toko.

Meskipun sekitar 90% eksekutif retail menganggap pembeli dan pramuniaga sudah yakin bahwa para eksekutif ini sudah memprioritaskan masalah kesehatan dan keselamatan di toko, hanya 65% pembeli dan 77% pramuniaga yang setuju.

Hampir dua pertiga (67%) pembeli prihatin dengan sanitasi atau penerapan social distancing di toko, dan 59% pembeli lebih memilih toko yang punya opsi pembayaran contactless. Sebanyak tujuh dari sepuluh pramuniaga mengatakan aplikasi distancing/contact tracing akan membantu mereka menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

“Hasil penelitian kami mengungkapkan bahwa masalah-masalah seperti kehabisan stok, kurangnya variasi produk, mahalnya biaya dan lamanya waktu pengiriman (delivery) secara online serta pengembalian barang telah menyebabkan menurunnya kepuasan pembeli yang signifikan saat mereka belanja di toko fisik maupun belanja online pada tahun 2020,” kata Tracy Yeo, Country Lead for Indonesia, Zebra Technologies Asia Pacific.

Tracy Yeo mengatakan, Eksekutif retail di Indonesia sudah menyadari bahwa kesuksesan mereka akan bergantung pada peningkatan pengalaman pembeli. Untuk memberikan pengalaman omnichannel yang lebih seamless dan memuaskan, eksekutif retail harus berinvestasi dalam analitik, pemesanan mobile, smart checkout, dan solusi teknologi retail lainnya, seperti produk-produk TC21, MC22, TC52 atau ET51 dari Zebra yang dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi.

Temuan-Temuan Penting Berdasarkan Kawasan

Asia-Pasifik

  • Tujuh dari sepuluh (70%) pembeli lebih memilih pengantaran langsung (direct delivery) barang belanjaan mereka, ketimbang mengambil barang itu di toko.
  • Sebanyak 65% pembeli lebih memilih berbelanja di toko yang menawarkan opsi pembayaran yang contactless.

Eropa dan Timur Tengah

  • Lebih dari delapan dari sepuluh (83%) eksekutif retail mengatakan bahwa pandemi telah mempercepat rencana pengimplementasian perangkat mobile dan berbagai solusi, yang tertinggi dari kawasan mana pun.
  • Hampir tiga perempat (76%) pembeli lebih memilih belanja di retail online yang juga memiliki toko offline.

Amerika Latin

  • Sebanyak 87% pembeli setuju bahwa penggunaan teknologi akan membantu eksekutif retail menghadirkan pengalaman belanja yang aman, nyaman, dan mudah sekali, persentase tertinggi dari kawasan mana pun.
  • Hampir 90% pembeli telah memesan menggunakan perangkat mobile dan berniat terus menggunakan cara itu.

Amerika Utara

  • Sebanyak 72% pramuniaga lebih memilih mengerjakan tugas-tugas yang sudah diatur sebelumnya ketika mengelola pekerjaan mereka setiap hari, ketimbang harus membaca berbagai laporan.
  • Lebih dari tiga dari empat (77%) eksekutif retail merasakan tekanan untuk meningkatkan fulfillment dan efisiensi operasional supaya dapat menawarkan berbagai opsi delivery dan kecepatannya.

Latar Belakang Dan Metodologi Survei

Global Shopper Study tahunan Zebra yang ke-13 meliputi sekitar 4.175 pembeli, 577 pramuniaga, dan 412 eksekutif retail dari kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Asia-Pasifik, Eropa, dan Timur Tengah yang diwawancarai pada Agustus – September 2020 oleh Azure Knowledge Corporation. * (Syam/Wah)

Post Views15 Views
Tags: SurveiZebra Technologies
Share7Tweet5Send

Related Posts

Zebra dan Salesforce Perkenalkan Solusi POS Ritel Berbasis Cloud di Android untuk Menyederhanakan Operasional Toko
Teknologi

Zebra dan Salesforce Perkenalkan Solusi POS Ritel Berbasis Cloud di Android untuk Menyederhanakan Operasional Toko

by Syamhudi
Senin, 3 November 2025
Berapa Banyak Perusahaan Pengiriman Paket yang Melewatkan Fitur AI dan Keamanan
Teknologi

Berapa Banyak Perusahaan Pengiriman Paket yang Melewatkan Fitur AI dan Keamanan

by Pratama
Selasa, 14 Oktober 2025

RECOMMENDED

Cisco Luncurkan Platform Unified Edge Baru untuk Mendukung Beban Kerja Agentic AI Terdistribusi

Cisco Luncurkan Platform Unified Edge Baru untuk Mendukung Beban Kerja Agentic AI Terdistribusi

13 November 2025
Garda Medika Perkenalkan Express Discharge, Selesai Konsultasi Dokter Bisa Langsung Pulang

Garda Medika Perkenalkan Express Discharge, Selesai Konsultasi Dokter Bisa Langsung Pulang

13 November 2025

MOST VIEWED

  • Biaya Haji Musim 2023 Diusulkan Naik Menjadi Rp69 Juta per Jemaah Haji, Ini Alasan Menag

    Biaya Haji Musim 2023 Diusulkan Naik Menjadi Rp69 Juta per Jemaah Haji, Ini Alasan Menag

    563 shares
    Share 225 Tweet 141
  • Dokter Phedy Memiliki Keahlian Menangani Berbagai Masalah Tulang Belakang

    362 shares
    Share 145 Tweet 91
  • Mengawali Tahun 2023, Sharp Luncurkan LED TV Aquos IIOTO Series Terbaru

    357 shares
    Share 143 Tweet 89
  • Kementerian Agama Buka Seleksi Petugas Haji 2023, Syarat Utama Wajib Penguasaan IT

    322 shares
    Share 129 Tweet 81
  • Dable Terbitkan ‘Digital Media Landscape 2021’, Termasuk TOP 30 Media di Indonesia

    321 shares
    Share 128 Tweet 80
MediaProfesi.id

MediaProfesi menyediakan berita aktual

CATEGORY

  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Nasional
  • Profil
  • Sosialita
  • Teknologi

Copyright © 2025 MediaProfesi.id - Design & Developed by XUANTUM

No Result
View All Result
  • Fokus Utama
  • Nasional
  • Ekonomi
  • Profil
  • Teknologi
  • Gaya Hidup
  • Sosialita

Copyright © 2025 MediaProfesi.id - Design & Developed by XUANTUM